Senin, 21 Agustus 2017

Apa Benar Otak Wanita Lebih Aktif Dibanding Pria? Simak Penjelasannya...

Tren.co.id, Apa Benar Otak Wanita Lebih Aktif Dibanding Pria? Simak Penjelasannya… – Salah satu stereotipe wanita adalah terlalu pemikir (overthink) dalam segala hal, sehingga terkesan peragu dan penakut dibanding pria.


Dalam survei terbesar tentang gambaran otak berbasis gender yang pernah dilakukan, ilmuwan menemukan otak perempuan lebih aktif dibanding pria. Khususnya pada korteks serebral—terkait dalam pengendalian dan fokus impuls dan di area emosional otak—terkait dengan suasana hati dan kecemasan. Tapi pada bagian terkait visual dan koordinasi—otak pria lebih aktif.


Hal tersebut bisa menjelaskan mengapa wanita memiliki risiko penyakit Alzheimer yang jauh lebih tinggi, depresi—yang merupakan faktor resiko Alzheimer—dan gangguan kecemasan. Sementara pria memiliki tingkat gangguan konsentrasi dan pemusatan perhatian (ADHD) yang lebih tinggi.


Penulis laporan Daniel Amen, seorang psikiater dan pendiri Amen Clinics di California, mengatakan: “Perbedaan kuantitatif yang kami identifikasi antara pria dan wanita penting untuk memahami resiko berdasarkan gender terkait gangguan otak seperti penyakit Alzheimer.”


Amen dan timnya mengamati pemindaian otak dari 119 responden sehat dan lebih dari 26.000 pasien dengan berbagai kondisi kejiwaan termasuk trauma otak, gangguan bipolar, gangguan mood, skizofrenia dan attention deficit hyperactivity disorder (ADHD). Mereka melihat 128 daerah otak untuk menentukan bagian mana yang lebih aktif pada awal dan selama pengerjaan tugas.


Peneliti mengukur aliran darah di otak mereka dengan menggunakan single photon emission computed tomography (SPECT) ketika responden dan pasien mengerjakan tugas kognitif.


Amen dan tim berharap bahwa memahami perbedaan di antara pengamatan masing-masing individu dapat membantu mereka memahami berbagai gangguan otak.


Fakta bahwa wanita menunjukkan aliran darah yang lebih besar di korteks prefrontal dibandingkan pria mungkin menjelaskan mengapa wanita menunjukkan kecenderungan yang lebih besar di bidang empati, intuisi, kerjasama, pengendalian diri dan perhatian yang tepat.


Studi ini juga menemukan peningkatan aliran darah di daerah limbik otak wanita, yang sebagian dapat menjelaskan mengapa wanita lebih rentan terhadap kecemasan, depresi, insomnia dan gangguan makan.



Apa Benar Otak Wanita Lebih Aktif Dibanding Pria? Simak Penjelasannya...

Berikut Manfaat Avokad, Untuk Otak dan Kecerdasan Anak

Tren.co.id, Berikut Manfaat Avokad, Untuk Otak dan Kecerdasan Anak – Kita tahu bahwa buah avokad adalah buah yang menyehatkan.


Si hijau ini mengandung protein, vitamin E, potasium, dan nutrisi penting lainnya. Namun, manfaat avokad bukan hanya itu.


Menurut studi terbaru, buah avokad juga meningkatkan kemampuan otak.


Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam Frontiers in Aging Neuroscience, tim ahli melibatkan 60 orang berusia 25-45 tahun.


Tim peneliti mengukur level lutein, nutrisi yang terdapat dalam avokad, pada para responden kemudian mereka diminta melakukan olahraga yang butuh konsentrasi tinggi.


Responden yang lebih tua dengan kadar lutein tinggi ternyata memiliki respon saraf yang setara dengan orang yang lebih muda.


Lutein juga bisa ditemukan pada sayuran berdaun hijau seperti kale dan bayam serta telur.


Tim peneliti akan melakukan studi lain untuk mengetahui lebih dalam manfaat lutein untuk meningkatkan kemampuan otak.


Sementara itu, avokad juga mengandung asam lemak tidak jenuh yang terbukti menyehatkan lemak darah.


Ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa konsumsi avokad secara rutin, tentu saja tanpa pemanis tambahan, membantu menyehatkan kesehatan jantung.


Jadi, tak ada alasan lagi untuk tidak mengonsumsi avokad, kan?(*)



Berikut Manfaat Avokad, Untuk Otak dan Kecerdasan Anak

Berita Terbaru, Cut Meyriska Mengungkapkan Ingin Menikah Tahun Depan

Tren.co.id, Berita Terbaru, Cut Meyriska Mengungkapkan Ingin Menikah Tahun Depan – Artis peran Cut Meyriska mengungkapkan keinginannya untuk menikah tahun depan.


“Tahun depan, pas umur 25 tahun,” kata Meyriska saat dijumpai di Arion Swiss-Belhotel Kemang, Jakarta Selatan, Minggu (20/8/2017).


Namun itu baru sebatas target waktu menikah. Pemain sinetron Putri Titipan Tuhan itu berharap bisa segera mendapatkan jodoh dan menikah pada usia 25 sesuai harapannya.


Meski demikian kalau pun targetnya tak terpenuhi, Meyriska mengaku tak masalah.


 


“Masih muda. Enggak usah buru-buru. Kemarin udah buru-buru, tapi enggak dapat-dapat. Makanya nyantai aja, yang penting tahun depan, eh? hehehe,” katanya.


Sampai sekarang saja ia mengaku masih sendiri alias jomblo. “Jodohnya belum tahu ke mana. Pacar lagi OTW (on the way) hehehe. Mungkin dia kesasar, alamatnya enggak tahu. Sudah setahun jomblo,” kata Meyriska dengan nada bercanda.


Meski ia sudah menentukan target untuk menikah, sebenarnya orangtuanya tak pernah memintanya buru-buru mencari pendamping.


“Orangtua sih terserah, asal yang baik buat aku. Jodoh di tangan Tuhan, nanti juga akan datang,” katanya sambil tersenyum.



Berita Terbaru, Cut Meyriska Mengungkapkan Ingin Menikah Tahun Depan

Meski Sudah Hamil Enam Bulan, Perut Titi Kamal Masih Langsing

Tren.co.id, Meski Sudah Hamil Enam Bulan, Perut Titi Kamal Masih Langsing – Kabar gembira datang dari pasangan romantis Titi Kamal dan Christian Sugiono.


Pasangan yang menikah pada 6 Februari 2009 itu tengah berbahagia menanti kehadiran buah cinta kedua mereka.


Hal ini secara langsung diumumkan oleh Titi Kamal di akun instagramnya.


Dalam postingannya, Titi Kamal mengaku sudah hamil 6 bulan.


“And yess, i’m pregnant, memasuki bulan ke-6 kehamilan, syukur alhamdulillah dikasih amanah lg sama Allah SWT. Terima kasih doanya teman2, doakan lancar sampai persalinan yah,” tulis Titi Kamal.


Lucunya, meski sudah hamil enam bulan, perut Titi Kamal masih langsing dan singset seperti biasanya.


Tak terlihat ada perubahan pada perut Titi Kamal di usia kehamilannya yang memasuki enam bulan.


Netizen pun sempat tak percaya bahwa Titi Kamal sedang mengandung anak keduanya dengan usia kehamilan enam bulan.


@sartikadwi_silitonga “Yaampun kaka, gak kliatan bgt ”


@dewi.999 “Perutnya ga kliatan gendut ya, apa faktor bajunya ya… Btw selamat ya mbak semoga cewek biar kumplit ”


@lisa_sam0810 “Msh blm keliatan perutnya&ttp cantik @titi_kamall”


Sekali lagi, selamat ya Titi Kamal dan Christian Sugiono! (*)



Meski Sudah Hamil Enam Bulan, Perut Titi Kamal Masih Langsing

Laudya Cynthia Bella Mengucapkan Selamat kepada Medina Zein Atas Pernikahannya

Tren.co.id, Laudya Cynthia Bella Mengucapkan Selamat kepada Medina Zein Atas Pernikahannya –  Laudya Cynthia Bella mengucapkan selamat kepada temannya, Medina Zein, atas pernikahannya dengan adik bungsu Ayu Azhari dan Sarah Azhari, Lukman Azhari. Acara pernikahan tersebut berlangsung di sebuah hotel mewah di kawasan Senayan, Jakarta, Sabtu (19/8/2017)


Ia mengunggah sebuah foto saat hadir dalam pernikahan pernikahan tersebut bersama Zaskia Sungkar, Shireen Sungkar.


“Girls at Medina’s wedding 😘🌸💝 Congrats bu Med bahagia dunia akherat ya,” tulis Bella.


Selain Bella, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina pun hadir dalam resepsi pernikahan Medina. Hal tersebut terliha dari foto yang diunggah Medina dalam akun Instagram pribadinya.


“Makaciii udah dateng artis cilik AA Beibii ❤❤❤❤ ,” tulis Medina, Minggu (20/8/2017).


Siapa  Medina Zein ? Ia lahir pada kelahiran 23 Mei 1992. Ia dikenal sebagai hijaber dan pengusaha muda. Sebelum pernikahan berlangsung, Medina sempat mengunggah foto-foto mesranya dengan adik Ayu Azhari, Lukman Azhari.



Laudya Cynthia Bella Mengucapkan Selamat kepada Medina Zein Atas Pernikahannya

Berita Terbaru, Ranty Maria Merindukan Ammar Zoni yang Kini Sedang Menjalankan Rehabilitasi

Tren.co.id, Berita Terbaru, Ranty Maria Merindukan Ammar Zoni yang Kini Sedang Menjalankan Rehabilitasi – Ranty Maria ternyata sangat merindukan kekasihnya, Ammar Zoni yang kini sedang menjalankan rehabilitasi narkoba di Rumah Sakit Ketergantungan Narkoba (RSKO) Lido, Sukabumi, Jawa Barat.


Ranty pun mengucapkan satu kata yang dapat melukiskan suasana hatinya saat ini.


“Kangen,” ucap Ranty, seperti yang dikutip dari KOMPAS.com, saat ditemui di sela acara baby shower Celine Evangelista dan Stefan William di Arion Swiss-Belhotel Kemang, Jakarta Selatan, Minggu (20/8).


Ranty pun kehabisan kata bagaimana cara mengobati rasa rindunya dengan kekasih tercinta.


“Enggak gimana-gimana (meski sudah tak bisa sering bertemu). Doain aja,” ujar Ranty.


Pemain sinetron Anak Langit itu hanya mengatakan bahwa Ammar dalam kondisi yang baik dan minta didoakan.


“Doain aja. Kak Ammar baik-baik aja, doain aja. Pokoknya kak Ammar baik-baik aja, jadi doain aja. Aku mau shooting,” kata Ranty.


Diketahui, Ammar Zoni bersama kedua asistennya, RH dan M, diciduk oleh polisi di kediamannya di kawasan Depok, Jawa Barat, Jumat (7/7/2017).


Dari tangan mereka, polisi mengamankan sejumlah barang bukti, salah satunya satu toples daun ganja kering dengan berat brutto 39,1 gram. (*)



Berita Terbaru, Ranty Maria Merindukan Ammar Zoni yang Kini Sedang Menjalankan Rehabilitasi

Tips, Kurangi Berat Badan Dengan Secangkir Kopi

Tren.co.id, Tips, Kurangi Berat Badan Dengan Secangkir Kopi – Para peminum kopi kini punya alasan untuk meneruskan kebiasaannya itu, terutama setelah berbagai penelitian menyebutkan kopi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, selain juga membuat pinggang lebih ramping.


Apa saja manfaat minum kopi? Dalam buku “The Coffee Lover’s Diet,” penulis sekaligus konsultan kesehatan Bob Arnot menjelaskan bagaimana secangkir kopi bisa membantu penurunan berat badan dengan meningkatkan metabolisme, mengurangi efek buruk makanan berlemak, sekaligus membantu membakar lebih banyak kalori.


“Efek pertama yang harus diperhatikan adalah peningkatan metabolisme,” kata Arnot. “Anda akan membakar 100 kalori lebih banyak bila minum kopi dibanding bila tidak.”


“Kedua, bila kita minum kopi sebelum berolahraga atau beraktivitas, tubuh kita akan membakar lebih banyak asam lemak bebas,” lanjutnya.


Selain itu, Arnot mengklaim bahwa di samping membakar lemak, kopi bisa menekan nafsu makan dan meningkatkan laju metabolisme. Oleh karena itu, bagi mereka yang sedang berdiet, menurutnya baik bila kopi diminum setelah makan, sebelum mandi, dan sebelum berolahraga. Dengan syarat, yang diminum adalah kopi hitam tanpa gula dalam keadaan panas.


“Kopi yang diminum setelah menyantap makanan berlemak, bisa menurunkan penyerapan lemak dan gula oleh tubuh,” katanya.


Menanggapi hal itu, ahli nutrisi Kristen Beck mengatakan, walau kopi benar bisa meningkatkan metabolisme, namun efeknya tidak lama.


“Kafein bisa meningkatkan performa atletik, baik dalam peningkatan kecepatan, kekuatan, dan daya tahan, sekaligus memberi manfaat psikologis dengan menjadikan latihan terasa lebih mudah dilakukan,” kata Beck.


“Kopi juga bisa menekan nafsu makan karena membuat perut terasa lebih penuh, dan dalam waktu bersamaan memberi dorongan tenaga. Namun mengandalkan kopi saja sebagai sumber tenaga tidak cukup, karena efeknya singkat,” paparnya.


Sementara Alex Hodge, dokter pencernaan dan penyakit hati di Monash Health, Melbourne, Australia mengatakan, “Secara umum kopi baik untuk Anda. Kebiasaan minum kopi juga dikaitkan dengan penurunan kondisi penyakit saraf seperti Parkinson dan Alzheimer, serta risiko lebih rendah terkena diabetes type 2.”


“Selain itu ada bukti bermunculan, meski belum banyak, bahwa kopi menurunkan risiko beberapa penyakit kanker termasuk kanker usus, hati, indung telur, pankreas, kerongkongan, dan endometrial.”


Walau begitu banyak manfaat kopi yang dipaparkan, namun Beck menegaskan, orang perlu paham bahwa fungsi kopi pada tubuh itu seperti busi dalam kendaraan. “Anda tetap perlu menginjak gas untuk melaju.”


Ia mengatakan, walau kopi memiliki banyak manfaat, termasuk untuk penurunan berat badan, namun tidak seharusnya kita mengkonsumsinya dalam jumlah tak terbatas.


“Hal yang harus diingat adalah bahwa diet tidak bisa dilakukan dengan hanya minum kopi. Ia harus dibarengi pola makan yang benar, yang adalah penentu utama keberhasilan penurunan berat. Selain itu, bila yang Anda minum adalah kopi latte dengan gula, maka bukan manfaat kesehatan yang Anda dapatkan, melainkan sebaliknya.”



Tips, Kurangi Berat Badan Dengan Secangkir Kopi

Tips, Berikut Alasan Utama Kenapa Anda Harus Mengurangi Gula?

Tren.co.id, Tips, Berikut Alasan Utama Kenapa Anda Harus Mengurangi Gula? – Sebenarnya, gula bukanlah racun yang harus 100 persen dihindari. “Tubuh kita diciptakan dengan sempurna dan dilengkapi dengan sistem untuk mencerna gula,” kata penasehat bidang gizi Men’s Health, Alan Aragon, M.S.


Anjuran untuk menghindari gula berdasarkan pada penalaran, bahwa gula adalah kalori kosong alias mengandung kalori yang cukup tinggi tapi tanpa nutrisi.


Jika 10 persen dari total kalori Anda berasal dari permen, maka tidak mungkin bagi Anda untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian tanpa Anda makan dalam porsi yang terlalu banyak.


Anda tidak perlu khawatir dengan gula alami yang ada dalam buah-buahan, sayuran, dan produk susu, kata Frank Hu, M.D., Ph.D., profesor nutrisi di Harvard T.H. Chan School of Public Health. Pasalnya, makanan-makanan tersebut kaya akan nutrisi seperti serat, protein, vitamin, dan mineral.


Tapi, bukankah gula menyebabkan diabetes? Pemikiran tradisional mengatakan demikian. Tetapi, gen dan ukuran pinggang Anda mungkin memainkan peran lebih besar dalam perkembangan penyakit itu, kata Aragon.


Kelebihan lemak, terutama jika secara genetik Anda lebih berisiko melebar di area tubuh bagian tengah, dapat menyebabkan resistensi insulin, katanya.


Resistensi insulin akan menyebabkan penurunan kontrol terhadap glukosa dalam darah, yang pada gilirannya akan menyebabkan prediabetes dan diabetes.


Kejahatan utama gula yang lain, dalam beberapa kasus, adalah membuat makanan menjadi begitu lezat sehingga kita makan terlalu banyak, kata Aragon.


Berapa banyak gula yang boleh Anda konsumsi?


Menurut rekomendasi pemerintah AS, konsumsi gula harus dijaga kurang dari 10 persen dari total kalori harian.


Kebanyakan pria memerlukan 2.000 sampai 3.000 kalori, tergantung pada tingkat usia dan aktivitas Anda, demikian menurut Dietary Guidelines.


Untuk diet 2.000 kalori, batas maksimal konsumsi gula adalah 12,5 sendok teh atau setara dengan 50 gram. Untuk diet 3.000 kalori, batas maksimalnya adalah 18,75 sendok teh atau setara dengan 75 gram.


Beberapa jenis makanan yang biasa Anda konsumsi, misalnya yogurt rasa buah, mengandung gula tambahan dan gula alami. Hal ini harus Anda perhitungkan juga, agar tidak kelebihan konsumsi gula.


Anda dapat mencoba membandingkan antara yogurt dengan pemanis tambahan dan yogurt tanpa pemanis tambahan untuk mengetahui berapa gram gula tambahan yang ada di dalam produk tersebut.


Tapi Anda tidak perlu khawatir tentang semua hitung-hitungan itu, kata Dr Hu. “Saya sendiri tidak selalu menghitung jumlah gula yang ada di dalam setiap makanan yang saya makan.”


Selama Anda mengikuti pola makan sehat yang umum dengan tidak minum soda, tidak minum terlalu banyak jus buah, tidak menambahkan banyak gula pada kopi atau teh, dan memperhatikan kualitas makanan dan bahan-bahan makanan yang Anda konsumsi, secara umum Anda baik-baik saja.


Yang perlu diingat, tidak ada alasan untuk berhenti makan buah, kata Hu lagi. Jumlah gula dalam apel terbilang sangat kecil dibandingkan dengan jumlah yang ada dalam minuman soda.


Mengonsumsi apel berarti Anda mendapatkan nutrisi lain yang bermanfaat, seperti serat dan vitamin C.


Jika Anda ingin lebih berhati-hati, awasi berapa gram gula yag ada di dalam produk yogurt, energy bar, dan makanan olahan lainnya yang menjadi favorit Anda dan bandingkan dengan batas 50 sampai 75 gram yang disebutkan di atas.


Sebagai contoh, beberapa merk energy bar mengandung 23 gram gula. Jika kandungan gula di dalam makanan kemasan pilihan Anda terlalu tinggi, pertimbangkan untuk memilih jenis camilan atau merek lain yang kandungan gulanya lebih rendah.



Tips, Berikut Alasan Utama Kenapa Anda Harus Mengurangi Gula?

Minggu, 20 Agustus 2017

Tips, Rambut Subur dan Tebal dengan Masker Air Tajin

Tren.co.id, Tips, Rambut Subur dan Tebal dengan Masker Air Tajin – Salah satu sumber kekhawatiran banyak orang, pria atau wanita, adalah rambut yang rontok dan tipis. Meski ada banyak produk di pasaran yang mengklaim bisa menumbuhkan rambut kembali, tetapi sebenarnya kita bisa memakai resep sederhana yang berasal dari dapur.


Menurut rahasia perawatan rambut dari Jepang, membilas rambut menggunakan air beras dapat membantu menumbuhkan rambut lebih cepat. Cara ini telah diterapkan para wanita Jepang selama berabad-abad untuk membuat rambut mereka panjang dan indah.


Air beras ini merupakan air rebusan beras (tajin) yang dibilaskan ke rambut. Perawatan menggunakan air beras ini dipercaya akan merangsang pertumbuhan rambut, memperkuat akar rambut, dan menyehatkan kulit kepala. Selain itu, air beras juga dipercaya mampu membuat rambut lebih berkilau.


Cara melakukannya sederhana dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Setelah memakai sampo, gunakan air beras untuk memijat kulit kepala dengan lembut. Siram air beras akar rambut di ke ujung rambut.


Setelah seluruh bagian rambut basah, diamkanlah selama 10 menit kemudian bilas dengan air bersih. Kurang lebih sama seperti memakai masker rambut.


Jika Anda merasa hal tersebut terlalu merepotkan, beberapa produk perawatan rambut juga mengeluarkan produk menggunakan air beras yang bisa dipakai secara rutin.



Tips, Rambut Subur dan Tebal dengan Masker Air Tajin

Tips, Obati Panas Dalam Dengan Cara Dibawah Ini

Tren.co.id, Tips, Obati Panas Dalam Dengan Cara Dibawah Ini – Tak sedikit yang langsung mengonsumsi obat panas dalam yang banyak dijual di pasaran begitu merasakan berbagai gejala seperti sakit tenggorokan, bibir kering, sariawan, dan sembelit.


Sebenarnya, panas dalam sendiri sebetulnya bukan penyakit.


Jadi, kita bisa saja mengonsumsi obat panas dalam alami, tanpa obat dan bahan kimia tambahan.


Tapi sebelum mencari tahu berbagai obat panas dalam alami, sebaiknya kenali dulu apa itu panas dalam. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.


Apa Itu Panas Dalam?


Tidak ada penyakit panas dalam dalam dunia kedokteran.


Panas dalam lebih tepat diartikan sebagai serangkaian gejala yang menyerang mulut, tenggorokan, dan sistem pencernaan.


Istilah panas dalam sendiri sebenarnya berakar dari ilmu kedokteran tradisional Tiongkok.


Sejak berabad-abad lalu, para tabib di Tiongkok percaya kalau suhu tubuh manusia sejatinya selalu seimbang, Yin dan Yang.


Kalau suhu dalam tubuh tidak seimbang, karena terlalu panas misalnya, kita pun akan mengalami gejala-gejala panas dalam.


Karena itu kita butuh minuman penyegar yang bisa mengembalikan suhu tubuh supaya seimbang lagi.


Sedangkan dalam ilmu kedokteran modern, gejala-gejala panas dalam biasanya disebabkan oleh kondisi kesehatan tertentu.


Bibir kering dan lemas dapat diakibatkan oleh dehidrasi.


Sedangkan sembelit bisa terjadi karena kita kekurangan asupan serat, vitamin, dan mineral.


Sakit tenggorokan dan sariawan juga tidak disebabkan oleh panas di dalam tubuh, melainkan karena infeksi atau penyakit lainnya.


Obat Panas Dalam Alami


Langkah pertama untuk mengobati panas dalam adalah mengenali apa penyebab munculnya gejala-gejala yang kita alami.


Dengan begitu, kita jadi tahu pengobatan seperti apa yang paling tepat untuk kondisi kita.


Lebih jelasnya, simak berbagai pilihan obat panas dalam alami berikut ini.


1. Kumur Air Garam


Berkumur dengan larutan garam bisa membantu meredakan sakit tenggorokan dan sariawan.


Siapkan segelas air putih hangat dan campurkan dengan satu sendok teh garam.


Untuk mengobati sakit tenggorokan, berkumurlah sambil mendongak.


Sedangkan untuk mengusir sariawan, kita bisa berkumur di area yang sakit.


Kita bisa berkumur selama 20 sampai 30 detik lalu buang airnya, jangan ditelan.


Ulangi berkumur air garam setiap beberapa jam sekali untuk hasil yang efektif.


2. Makan Sayur dan Buah


Sayur dan buah kaya akan kandungan serat, vitamin, dan mineral yang berkhasiat untuk melancarkan pencernaan.


Selain itu, sayur dan buah juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh.


Pilih sayur dan buah yang warnanya terang dan pekat untuk kandungan nutrisi terbaik.


Misalnya sayur bayam, kangkung, wortel, terong, dan brokoli.


Stroberi, pepaya, apel, dan anggur juga baik untuk mengobati panas dalam.


Untuk menambah asupan serat dan vitamin, konsumsi buah-buahan seperti apel dan anggur dengan kulitnya.


3. Ampas Teh Celup


Atasi sariawan dengan cara mengompres bagian yang sakit atau luka dengan kantong teh celup yang sudah kita seduh.


Daun teh bermanfaat untuk melawan peradangan sekaligus meredakan nyeri.


Kompres selama 15 sampai 20 menit kira-kira sebanyak tiga kali sehari.


4. Banyak Minum Air Putih


Karena gejala panas dalam seperti tenggorokan kering dan bibir pecah-pecah bisa diakibatkan oleh dehidrasi, pastikan kita cukup minum air putih.


Untuk menggantikan cairan yang hilang, usahakan untuk minum paling tidak sepuluh gelas air dalam sehari.


5. Madu


Dalam berbagai penelitian, madu ternyata ampuh untuk melegakan berbagai masalah tenggorokan.


Jadi, kalau tenggorokan mulai terasa sakit atau kering, segera minum madu murni.


Kita bisa mencampurnya dengan teh, air hangat, atau diminum begitu saja.


Madu juga bisa jadi solusi bibir kering sampai pecah-pecah.


Nah, oleskan madu pada bibir untuk menjaga kelembapan alaminya.


6. Kompres Dingin


Sariawan yang muncul di area mulut bisa terasa nyeri.


Karena itu, kompres bagian yang nyeri dan sariawan dengan es batu yang sudah dibungkus dengan kain lembut yang steril.


Kita juga bisa mencelupkan kain bersih ke air dingin sebagai kompres.(*)


 



Tips, Obati Panas Dalam Dengan Cara Dibawah Ini