Kamis, 13 Februari 2014

Messi Samai Rekor Zarra, Barca Buat El Clasico


Messi Samai Rekor Zarra, Barca Buat El Clasico
Sebiji gol keseimbangan Real Sociedad berbuntut sia-sia. Barcelona terus menembus final untuk menjumpai seteru El Clásico-nya, Real Madrid, sesudah bermain imbang 1-1 (agregat 3-1) di leg ke-2 semi final Copa del Rey di markas Sociedad, awal hari tadi.

Jalannya Pertandingan
Tetap memegang kuat harapan untuk membalikkan kedudukan di leg ke-2, Sociedad mengambil kesempatan lebih dahulu, sesudah melakukan awal-awal babak pertama yang monoton. Memijak menit ke-17, tembakan voli David Zurutuza dari umpan Antoine Griezmann nyaris buka score. Sayang, arah bola tetap tidak tebal melintas mistar gawang Barca.

Terasa tersengat oleh ancaman pembuka tim tamu, Barca bertukar memperlancar serangan balasan. Menit ke-21, Alves melayangkan tembakan keras dari jarak 20 yard. Tetapi Eñaut Zubikarai tetap sigap meninju bola yang mengalir pas ke arahnya.

Papan score Estadio Municipal de Anoeta pada akhirnya bergolak, 1-0 yang sayangnya bukan hanya buat tuan kediaman. Barca buka kelebihan (agregat 3-0) melalui Lionel Messi, yang melanjutkan suatu through-pass. Melalui dua bek Sociedad, Messi tidak melupakan kans untuk melesakkan bola merobek gawang Zubikarai pada menit ke-27.

Untuk catatan, gol ini mempunyai arti khusus buat El Messiah. Satu gol yang dicetaknya ini serta-merta berhasil menyamai rekor legenda Athletic Bilbao, Telmo Zarra untuk catatan 335 gol di satu club Spanyol yang sampai kini bertahan 59 th.!

Los Cules mempunyai peluang menggandakan kelebihan di menit ke-41. Bekerja bersama dengan apik berbarengan Andrés Iniesta, Messi menyontek bola ke sela-sela kaki Zubikarai. Sial! Árbitro (wasit) Fernando Teixeira menganulir karena Messi telah terjebak off-side. Score 1-0 untuk Barca bertahan sampai jeda.

Selesai turun minum, Messi yang bak berikan bukti bahwasanya passion-nya belum memudar, lagi-lagi buat ribet Zubikarai, tepatnya tiga menit sesudah kick-off interval ke-2 bergulir. Lewat tendangan bebas, Zubikarai berjibaku mementahkan kesempatan pertama Messi di paruh ke-2 itu.

La Real terus-menerus dalam desakan. Menit ke-53, gabungan Iniesta-Messi bikin kalang-kabut pertahanan tuan kediaman lagi. Finishing saat ini cobalah diupayakan Iniesta yang selesai kandas, waktu dentumannya tidak tebal menyamping.

Zubikarai bekerja ekstra keras di pertandingan saat ini. Empat menit berselang, portero Sociedad itu mementahkan dua kesempatan sekalian, selesai Francesc Fàbregas melayangkan sepakan keras. Pernah dimuntahkan, rebound Fàbregas lagi-lagi diselamatkan Zubikarai.

Waktu saat berusia 59 menit, baru Txuri-urdin – julukan Sociedad, mendulang kans selanjutnya. Sekurang-kurangnya Griezmann mempunyai kesempatan bersih menyamakan score. Namun tak tahu apa yang berlangsung dipikirannya, Griezmann terpaku serta Javier Mascherano menyerobot bola di muka gawang manfaat menetralisir gawang Blaugrana.

Griezmann tidak mengulangi kesalahannya waktu memetik kesempatan lagi di menit ke-87, yang pada akhirnya berbuah gol penyama kedudukan, 1-1. Memakai assist Gonzalo Castro, Griezmann memperdaya José Pinto dibawah mistar Barca.

Score 1-1 ini juga terjaga sampai pertandingan rampung serta Barca, terus memiliki hak maju ke partai puncak Piala Raja dengan agregat 3-1, sekalian membuat partai El Clásico kontra Real Madrid yang pada mulanya, telah lebih dahulu memijak final selesai singkirkan tim sekota, Atlético Madrid.

Susunan Pemain
Real Sociedad : Eñaut Zubikarai, Jon Ansotegi, Mikel González, José Ángel Valdés, Jon Gaztañaga/Gorka Elustondo (67’), Joseba Zaldúa, Xabier Prieto/Sergio Canales (82’), David Zurutuza, Carlos Vela, Haris Seferovic/Gonzalo Castro (61’), Antoine Griezmann.

Barcelona : José Pinto, Daniel Alves, Gerard Piqué, Jordi Alba, Javier Mascherano, Francesc, Fàbregas, Andrés Iniesta, Xavi Hernández/Alexandre Song (66’), Sergio Busquets/Marc Bartra (90’), Lionel Messi, Pedro Rodríguez/Alexis Sánchez (77').