Selasa, 12 September 2017

Tips, Agar Mata Buah Hati Anda Tetap Sehat, Berikut Aturan Untuk Anak Saat Main Gadget

Tren.co.id, Tips, Agar Mata Buah Hati Anda Tetap Sehat, Berikut Aturan Untuk Anak Saat Main Gadget – Perlu kita kenali, masalah mata pada anak karena gadget makin bertambah.


Hal yang bisa berlangsung diantaranya kelelahan pada mata (astenopia), mata kering serta rabun jauh (miopia).

Sesungguhnya gadget tidak dengan segera menyebabkan rabun jauh, tetapi kesibukan lihat dekat yang dikerjakan dengan berlebihanlah yang mengakibatkan terjadinya rabun jauh.


Oleh karenanya, untuk menghindar terjadinya rabun jauh, dianjurkan supaya anak-anak bisa tingkatkan kesibukan diluar tempat tinggal supaya mata dapat beristirahat (tidak berakomodasi dengan terus-terusan).


Lantas, bagaimana ketentuan bergadget supaya mata anak tetaplah sehat? Berikut kiatnya :


1. Pemakaian gadget pada anak baiknya dibatasi maksimum 2 jam satu hari, termasuk juga bermain game, melihat televisi, memandang monitor computer/laptop/handphone.


2. Pemakaian gadget baiknya tidak dikerjakan dalam satu saat. Tujuannya, tiap-tiap 30 menit memandang monitor baiknya diselingi dahulu dengan kesibukan lihat jauh (lebih dari 6 m). Hal semacam ini dikerjakan untuk menghindar terjadinya masalah pada mata. Dapat pula diaplikasikan ketentuan 20-20, yakni 20 menit memandang monitor gadget, 20 detik beristirahat (lihat objek jauh dengan jarak lebih dari 6 mtr.).


3. Jarak pandang mata ke gadget harus juga di perhatikan. Jarak yang baik pada mata dengan gadget yaitu sekitaran 30-40 cm. Upayakan juga supaya tempat gadget lebih rendah dari tempat mata, yakni membuat pojok sekitaran 15˚.


4. Jauhi membiasakan bermain gadget sembari tiduran. Jika tengah melihat televisiupayakan supaya anak tidaklah terlalu dekat dengan monitor televisi.


5. Jarak yang baik untuk melihat tv yaitu sekitaran 4-5x diagonal televisi.


6. Pencahayaan gadget baiknya tidaklah terlalu jelas. Pasalnya, pencahayaan yang sangat jelas bisa percepat munculnya mata capek.


7. Pencahayaan ruang harus juga ditata demikian rupa supaya tidaklah terlalu kontras dengan pencahayaan dari gadget. Ruang yang sangat redup juga akan mengakibatkan kontras yang terlalu berlebih hingga juga akan buat mata jadi tidak nyaman.


8. Ketika anak tengah berkonsentrasi memakai gadget, refleks berkedip juga akan menyusut. Hal semacam ini mengakibatkan mata jadi kering. Oleh karenanya, ingatkan anak supaya berkedip dengan teratur saat memakai gadget.


9. Tidak kalah perlu, jauhi membaca sembari tiduran, jauhi membaca ditempat gelap, istirahat yang cukup serta rajin konsumsi sayur serta buah karna baik untuk kesehatan mata.



Tips, Agar Mata Buah Hati Anda Tetap Sehat, Berikut Aturan Untuk Anak Saat Main Gadget