Senin, 17 Februari 2014

Gunung Kelud Tampak Banyak Kilat Malam Ini

Gunung Kelud Tampak Banyak Kilat Malam Ini

Jakarta--Kepala Pusat Data Info serta Humas Tubuh Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan waktu ini di langit tampak banyak kilat di seputar Blitar, Kediri serta Malang. Kilat yang tengah berlangsung, kata dia, bukan hanya lantaran erupsi Gunung Kelud.

" Tetapi kilat yang dihasilkan awan-awan Cumulonimbus (CB-) di samping barat Gunung Kelud, " kata Sutopo, Senin, 17 Februari 2014.

Menurut pantauan Satelit MTSAT tampak satu sel awan Cumulonimbus. Waktu ini di puncak gunung berlangsung hujan lebat. Penilaian stasiun Pusat Vulkanologi serta Mitigasi Bencana Geologi di Gunung Kelud, kata dia, juga tak memantau ada penambahan kesibukan vulkanik. " Cuma ada tremor menerus 3 milimeter seperti hari tempo hari. "

Orang-orang, kata dia, saat ini resah lantaran menduga Gunung Kelud bakal atau tengah erupsi seperti peristiwa Kamis malam 13 Februari lalu. " Orang-orang dihimbau terus tenang dantak dipengaruhi isu-isu yang menyesatkan, " kata dia. Ia juga merekomendasikan supaya warga hindari kesibukan di bantaran sungai-sungai berhulu di Gunung Kelud.