Senin, 17 Februari 2014

" Terserah Rakyat Indonesia untuk Menentukan Pemimpinnya "

" Terserah Rakyat Indonesia untuk Menentukan Pemimpinnya "

JAKARTA - Penentuan Umum Indonesia bakal mengundang perhatian besar dari dunia, tidak kecuali oleh Amerika Serikat (AS). Menteri Luar Negeri AS John Kerry menilai pihaknya tak dapat memengaruhi jalannya Pemilu Indonesia.

Politikus Partai Demokrat itu menyebutkan bahwasanya AS menghormati Indonesia untuk negara demokrasi yang maju. Ditambah lagi posisi Indonesia untuk rekanan Negeri Paman Sam yang dekat.

" Namun seluruhnya (pemilu) itu terserah rakyat Indonesia untuk menentukan pemimpinnya. Amerika Serikat tak lagi terlibat apa pun dengan pemilu, seluruhnya ada di tangan rakyat Indonesia untuk menentukan, " papar John Kerry, pada konferensi pers di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Senin (17/2/2014).

Untuk Kerry negaranya tak lagi melakukan tindakan hipokrit dengan menyebutkan satu negara untuk negara yang menjunjung tinggi demokrasi serta menghormati kedaulatannya, tetapi lalu selanjutnya berbalik arah dengan mencampuri penentuan umum yang ditempuh.

" Kami meyakini sesudah pemilu ini, kami bakal menjaga kerja sama yang kuat dengan Indonesia. Kami juga terus menghormati demokrasi Indonesia, menghormati HAM, serta menghormati pluralisme serta toleransi yang ada, " paparnya.

Kerry terasa meyakini, sesudah pemilu th. ini, Indonesia selalu meneruskan perubahan positif dalam bagian demokrasi seperti yang telah diperlihatkan dalam 10 th. paling akhir.